Follow Us

Minggu, 22 Januari 2017

Ifthor Jama'i

      Salah satu dari jutaan kenangan indah bagi umat Islam di bulan suci Ramadhan, adalah saat melaksanakan Ifthor Jama’I atau yang lebih dikenal dengan buka puasa bersama, atau menurut istilah sekarang dikenal dengan sebutan buka puasa bareng. Kalimat Ifthor Jama’I sendiri berasal dari bahasa Arab, yang makna sebenarnya adalah usaha yang dilakukan oleh masjid saat bulan suci Ramadhan, untuk menyediakan makanan minuman bagi umat Islam yang sedang berpuasa, untuk membatalkan puasanya, saat waktu berbuka puasa telah tiba.
   
    Ifthor Jama’I ini menjadi salah satu ladang amal bagi para umat Islam di bulan suci Ramadhan. Begitu banyak umat Islam yang berlomba-lomba berbagi kebaikan dan kebersamaan saat Ifthor Jama’I dengan jalan menyumbang atau menyediakan makanan minuman di masjid-masjid. Hal itu dilakukan demi mengejar nilai amalan dan pahala yang telah dijanjikan ALLAH SWT, sebagaimana haditz Nabi Muhammad SAW, bahwasanya beliau bersabda “Barangsiapa memberi makanan untuk berbuka kepada orang berpuasa maka baginya pahala seperti pahala orang itu tanpa berkurang dari pahala orang yang berpuasa sedikit pun“. [ H.R. At Tirmidzi ]

      Dengan Ifthor Jama’i pula, sahabat-sahibit blogger sedunia bisa merasakan ikatan ukhuwah dan kebahagiaan, keceriaan serta kenikmatan persaudaraan sesama umat Islam. Jangan pernah lewatkan dan sia-siakan kesempatan untuk melakukan Ifthor jama’I ini. Jangan jadi kikir dan jangan pula jadi pelit, bukankah ALLAH SWT sudah memberikan limpahan rezeki-NYA selama sebelas bulan. Kini saatnya untuk memperbanyak sedekah selama sebulan penuh, dengan jalan menyediakan hidangan berbuka puasa untuk ifthor jama’i di masjid-masjid yang terdekat dengan tempat tinggal kalian.

    Marilah manfaatkan kesempatan dalam kesempitan di waktu yang tersisa ini. Dari pada melakukan ngabuburit di mall, di pinggir pantai, atau nonton konser musik yang cenderung bisa membuat ibadah puasa menjadi makruh, mendingan sahabat-sahibit blogger se-dunia berpartisipasi dalam Ifthor Jama'i yang dilaksanakan oleh masjid-masjid di sekitar kita. Dengan begitu, amalan puasa kita dapatkan, amalan Ifthor Jama'i pun didapat pula.

berikut adalah foto kegiatan Ifthor Jama'i GEMMA ( Generasi Muda Masjid Al-Jihad) dengan pengurus Masjid Al-jihad Pekanbaru

GEMMA AL JIHAD PEKANBARU
Ikhwan Generasi Muda Masjid AL Jihad bersama Pengurus  

Iftar Jama'i Akhwat Gemma bersama Tahfidz AL Yusro

GENERASI MUDA MASJID AL-JIHAD (GEMMA)

0 komentar:

Posting Komentar